logo

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

jadwal sidang

 

 

 

 

 

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp

 

 

 

 

 

 

 

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

biaya perkara

 

 

 

 

 

 

 

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Siwas

 

 

 

 

 

 

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e court

 

 

 

 

 

 

 

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

 

Pengadilan Agama Magelang Berkomitmen Menyukseskan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBM) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBK)

5 Berita Pengadilan Agama Magelang Termutakhir

  • Semarakkan HUT Mahkamah Agung RI ke-74, PA Magelang Gelar Bakti Sosial

     

    baksos1

    Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke-74 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2019, Pengadilan Agama Magelang melaksanakan bakti sosial di lingkungan kantor Pengadilan Agama Magelang di Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan. Kegiatan Bakti Sosial yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Magelang, Ahmad Kholil Irfan, S.Ag., S.H., M.H. beserta isteri, Ny. Mahsun Azizah, SH dan diikuti oleh segenap karyawan dan karyawati PA Magelang ini dilaksanakan pada Minggu (18/08/2019) Pukul 09.30 WIB.

    baksos2

     

    baksos4

     

    baksos5

    Kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan berupa pembagian bahan pokok (sembako) kepada yang membutuhkan di lingkungan sekitar kantor, seperti petugas sampah, petugas kebersihan jalan, pedagang kaki lima keliling, dan lain-lain. Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh semangat dan antusias oleh segenap keluarga besar Pengadilan Agama Magelang beserta mahasiswa PKL dari Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) sebagai wujud kepedulian terhadap sesama.

    baksos3

    Usai Bakti Sosial, rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT Mahkamah Agung RI ke-74 dilanjutkan dengan olah raga bersama yaitu tenis lapangan, yang dilaksanakan di lapangan Bina Marga, Jurangombo Selatan Kecamatan Magelang Selatan.

  • Pengadilan Agama Magelang Laksanakan Upacara Bendera

    Memperingati HUT RI Ke-74

    17an4

    Bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Agama Magelang, Segenap pegawai Pengadilan Agama Magelang beserta mahasiswa PKL dari Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) melaksanakan upacara memperingati HUT RI ke-74. Upacara dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai. Bertindak selaku pembina upacara adalah Ketua Pengadilan Agama Magelang, Akhmad Kholil Irfan, S.Ag., SH., MH. Dalam amanatnya, pembina upacara membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP pada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-74 RI.

    17an5

     

    17an7

    Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan foto bersama dan pembagian hadiah lomba-lomba dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 yang dilaksanakan sejak awal Agustus 2019 dan ditutup pada 15 Agustus 2019. Lomba-lomba tersebut diikuti oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Magelang mulai dari pimpinan hingga pegawai honorer serta mahasiswa PKL.

    17an8

     

    17an3

    Rangkaian acara peringatan HUT RI ke 74 di Pengadilan Agama Magelang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan tasyakuran yang dilaksanakan di kantor Pengadilan Agama Magelang.

  • Meriahkan HUT RI ke 74, Pengadilan Agama Magelang Selenggarakan Aneka Lomba

    lomba2

    Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019, Pengadilan Agama Magelang menyelenggarakan aneka perlombaan yang diikuti oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Magelang serta mahasiswa PKL dari Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM). Rangkaian perlombaan ini telah dimulai sejak minggu pertama bulan Agustus 2019 dan diakhiri pada Jum’at (15/08/2019). Lomba-lomba yang diselenggarakan yaitu tenis lapangan, badminton, balap balon, balap kelereng, memasukkan paku ke dalam botol, memindah keset dan estafet karet.

    lomba1

     

    lomba4

    Perlombaan diikuti dengan semangat dan antusias dari para peserta lomba. Imdad, S.H.I, MH, Hakim pada Pengadilan Agama Magelang selaku Ketua Panitia 17an di Pengadilan Agama Magelang telah mengumumkan daftar pemenang lomba dalam rangka peringatan HUT RI ke-74, yaitu:

    1. 1.Tenis

    Juara I                  : Purwadi, SH dan Fery Purniawan

    Juara II                 : Riswindu Sarjanto, SH dan Eko Sambudhi, ST

    1. 2.Badminton

    Putra

    Juara I                  : Purwadi, SH dan Majid Taqiyuddin, A.Md

    Juara II                 : Eko Sambudhi, ST dan Alif

    Putri

    Juara I                  : Nur dan Anggita

    Juara II                 : Rahma dan Dewi

    1. 3.Balap Balon

    Putra

    Juara I                  : Parjono, Eko Sambudhi, Zakaria, Fery, Purwadi

    Juara II                 : Anwar, Imdad, Sugeng, Imam, Alif

    Putri

    Juara I                  : Nur, Anisah, Najmi, Fitri

    Juara II                 : Laila Chasnaú, Fauziah, Rahma, Agnes

    1. 4.Balap Kelereng

    Juara I                  : Fery Purniawan

    Juara II                 : Eko Sambudhi, ST

    1. 5.Balap Paku

    Juara I                  : Fery Purniawan

    Juara II                 : Agnes

    1. 6.Memindahkan Keset

    Juara I                  : Purwadi, SH dam Choirul Imam, SH

    Juara II                 : Laila Chasna’u, SH dan Agnes

    1. 7.Estafet Karet

    Putra

    Juara I                  : Anwar, Imdad, Sugeng, Imam, Alif

    Juara II                 : Parjono, Eko Sambudhi, Zakaria, Fery, Purwadi

    Putri

    Juara I                  : Mustaqimah, Anni, Anggita, Inna

    Juara II                 : Himmatul Aliyah, Dewi, Najmi, Fitri

    lomba3

     

    lomba5

    Selamat kepada para pemenang, dan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta lomba dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 di Pengadilan Agama Magelang. Pembagian hadiah akan dilakukan setelah upacara peringatan HUT RI ke 74 pada Sabtu (17/08/2019) di halaman kantor Pengadilan Agama Magelang.

    lomba6

  • PENDAMPINGAN AKREDITASI PENJAMINAN MUTU (APM) PENGADILAN AGAMA SE KOORDINATOR KEDU

     

    apm4

    Pengadilan Agama Koordinator Kedu mengikuti kegiatan Pendampingan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) sesuai jadwal yang ditetapkan dalam surat Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor W11-A/2677/OT.01.3/VII/2019 tanggal 12 Juli 2019 perihal Pendampingan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) selama 2 (dua) hari yaitu pada Kamis s.d. Jum’at (25-26/07/2019). Acara yang diikuti oleh 6 (enam) Pengadilan Agama se-wilayah Karesidanan Kedu tersebut bertempat di Rumah Makan Progosari, Jl. Sendangsono Dusun Srowol Desa Progowati.

    apm1

     

    apm3

    Kegiatan pendampingan APM tersebut mendatangkan Narasumber dari Asessor Eksternal Badan Peradilan Agama, yaitu Tukiran, S.H. MM (Panitera PTA Semarang), Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M. (Sekretaris Pengadilan Agama Wonosobo) Sn Sutris, S.H., M.H. (Sekretaris Pengadilan Agama Pekalongan). Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini mentargetkan terselesaikan dan tersusunnya Dokumen Master APM sesuai levelnya setelah dua hari dilakukannya pendampingan. Hal tersebut guna meningkatkan kesiapan dan pematangan sebagai wujud keseriusan Pengadilan Agama se-wilayan Karesidenan Kedu dalam menghadapi surveillance APM dan mempertahankan akreditasi.

    apm5

    Pada hari pertama pendampingan, kegiatan difokuskan pada penyusunan SWOT satuan kerja yang mana merupakan dasar dari ditetapkannya Sasaran Mutu dan Risk Register. Setelah tersusunnya SWOT, dilanjutkan dengan penyempurnaan Manual Mutu dan perubahan Bisnis Proses. Hari pertama pendampingan APM ini ditutup pada pukul 21.00 WIB dan dilanjutkan keesokan harinya pada pukul 08.00 WIB. Hari kedua pendampingan difokuskan pada metode penyusunan Dokumen Master, mulai dari Daftar Induk hingga Formulir / Instrumen, dan sebelum acara ditutup dilakukan check list oleh para Narasumber pada masing-masing satuan kerja. Acara pendampingan APM ditutup pada pukul 17.00 WIB dan dilanjutkan dengan foto bersama.

    apm2

  • Jum’at Sehat PA Magelang, Mahasiswa PPL Pimpin Senam Pagi Bersama

    jumat1

    Jum’at (19/07/2019) Pengadilan Agama Magelang mengadakan kegiatan Jum’at Sehat yang diisi dengan senam pagi bersama. Ada yang berbeda dalam kegiatan Jum’at sehat kali ini. Biasanya dalam kegiatan Jum’at Sehat, senam pagi dipimpin oleh instruktur senam profesional yang diundang dari luar instansi. Namun kali ini, senam pagi dipimpin oleh 2 (dua) orang mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dari IAIN Salatiga dan Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM), yaitu Linda Karmelia (IAIN Salatiga) dan Fadhilah Rahmawati (UMM).

    jumat2

     

    Senam Pagi dimulai pada pukul 07.15 WIB di halaman kantor Pengadilan Agama Magelang, diikuti oleh segenap Hakim, karyawan dan pegawai honorer Pengadilan Agama Magelang serta mahasiswa PPL dari IAIN Salatiga dan PKL dari UMM. Senam yang berlangsung selama kurang lebih 40 menit ini diikuti dengan penuh semangat oleh seluruh peserta.

    jumat3

     

    Kegiatan Jum’at Sehat dilakukan pada hari Jum’at bergantian dengan kegiatan Jum’at Bersih. Selain untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, kegiatan Jum’at Sehat dan Jum’at Bersih juga dimaksudkan untuk menjaga kekeluargaan dan kebersamaan diantara seluruh aparat Pengadilan Agama Magelang serta mahasiswa PPL/PKL di Pengadilan Agama Magelang.

  • HUT74RI
  • surveykorupsi2019
  • HUT MA

MA PAPARKAN PROGRES IMPLEMENTASI ENFORCING CONTRACT KEPADA SURVEYOR BANK DUNIA

MA PAPARKAN PROGRES IMPLEMENTASI ENFORCING CONTRACT KEPADA SURVEYOR BANK DUNIA

Humas-Jakarta. Mahkamah Agung yang diwakili oleh Hakim Agung Yang Mulia Syamsul Maarif, SH., LL.M., Ph.D menyampaikan presentasi terkait Ease of Doing Business Reform Initiatives Implemented by the Supreme of Court dalam acara Data Collection Mission oleh Tim Doing Business yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada tanggal 18 Maret 2019 di Hotel Borobudur Jakarta.

Dalam pemaparannya Yang Mulia Syamsul Maarif menggambarkan tentang implementasi dari beberapa regulasi Mahkamah Agung  yang berkontribusi positif terhadap indeks penilaian Ease of Doing Business di Indonesia antara lain:

Perma Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana

Melalui Perma Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana, maka nilai gugatan 200jt kebawah dapat diselesaikan secara lebih cepat, waktu prosesnya tidak lebih dari 91 hari (termasuk eksekusi), proses persidangan dilakukan oleh hakim tunggal, putusan dalam prosedur gugatan sederhana bersifat final dan binding di pengadilan tingkat pertama dan proses pengajuannya dilakukan langsung oleh pihak berperkara atau tanpa memerlukan pengacara.

Selama 4 tahun terakhir penyelesaian perkara melalui gugatan sederhana menunjukkan angka yang terus meningkat. Pada tahun 2015 perkara yang didaftar melalui gugatan sederhana hanya sebanyak 13 perkara, pada tahun 2016 meningkat menjadi 762, pada tahun 2017 jumlah pengajuan gugatan sederhana meningkat drastis menjadi 3.351 dan pada tahun 2018 meningkat lagi hampir dua kali lipat menjadi 6.464 perkara. Hal tersebut menunjukkan bahwa waktu proses penyelesaian perkara perdata secara signifikan menjadi jauh lebih cepat.

Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan

Mahkamah Agung juga sudah mengeluarkan Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan sebagai revisi dari Perma Nomor 1 Tahun 2008. Melalui proses mediasi para pihak dapat menyelesaikan perkara sesuai dengan kesepakatan para pihak. Penyelesaian dengan mekanisme perdamaian akan lebih cepat dan tuntas karena akta perdamaian bersifat final dan binding. Pada tahun 2018 perkara yang dapat diselesaikan melalui mediasi berdasarkan Laporan Tahunan MA 2018 sebanyak 5.306 perkara.

SEMA Nomor 2 Tahun 2016 tentang Peningkatan Efisiensi dan Transparansi Penanganan Perkara Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang di Pengadilan

Dengan berlakunya SEMA Nomor 2 Tahun 2016, maka proses penanganan perkara kepailitan dan penundaan kewajiban pembayaran utang di pengadilan menjadi lebih efisien dan transparan. Dalam SEMA tersebut terdapat 2 kebijakan penting yang diambil oleh Mahkamah Agung yaitu: Pertama efisiensi proses penanganan perkara dan Kedua transparansi proses penanganan perkara dan pemberesaan.

Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik

Dengan berlakunya Perma Nomor 3 Tahun 2018 gugatan perkara ke pengadilan dapat dilakukan secara elektronik. Aplikasi e-court saat ini telah bisa memfasilitasi pendaftaran perkara secara elektronik (e-filing), pembayaran panjar biaya perkara secara elektronik (e-payment), pemanggilan dan pemberitahuan kepada para pihak secara elektronik (e-summons) dan penggunaan register secara elektronik (e-registry).

“Dari semua regulasi yang diterbitkan oleh Mahkamah Agung tersebut telah memberikan banyak kontribusi pada kemudahan proses berperkara dan kecepatan waktu penyelesaian perkara, sehingga hasil survei bank dunia tahun kemarin yang menyebutkan waktu proses penyelesaian perkara di pengadilan memakan waktu hingga 390 hari adalah sangat keliru dan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada di pengadilan, sehingga perlu adanya sosialisasi bagi para responden untuk benar-benar memberikan informasi yang sebenarnya terkait dengan kecepatan waktu proses dan kemudahan berperkara di pengadilan”, Pungkas Yang Mulia Syamsul Maarif.

Dalam kesempatan yang sama Lucas Prakoso, SH., MH (Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus Jakarta Pusat) juga menyampaikan tentang kemudahan proses pencarian informasi di pengadilan terkait dengan informasi proses penanganan perkara secara rill time melalui SIPP, mengetahui dan mengunduh putusan secara mudah melalui direktori Mahkamah Agung dan mencari dan mengunduh dengan mudah regulasi-regulasi yang dikeluarkan Mahkamah Agung melalui JDIH. Selain itu untuk mempercepat dan memudahkan penanganan perkara, telah disediakan template-template bagi setiap produk pengadilan. (Dy)