logo

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

jadwal sidang

 

 

 

 

 

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp

 

 

 

 

 

 

 

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

biaya perkara

 

 

 

 

 

 

 

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Siwas

 

 

 

 

 

 

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e court

 

 

 

 

 

 

 

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

 

Pengadilan Agama Magelang Berkomitmen Menyukseskan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBM) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBK)

5 Berita Pengadilan Agama Magelang Termutakhir

  • Jum’at Sehat PA Magelang, Mahasiswa PPL Pimpin Senam Pagi Bersama

    jumat1

    Jum’at (19/07/2019) Pengadilan Agama Magelang mengadakan kegiatan Jum’at Sehat yang diisi dengan senam pagi bersama. Ada yang berbeda dalam kegiatan Jum’at sehat kali ini. Biasanya dalam kegiatan Jum’at Sehat, senam pagi dipimpin oleh instruktur senam profesional yang diundang dari luar instansi. Namun kali ini, senam pagi dipimpin oleh 2 (dua) orang mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dari IAIN Salatiga dan Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM), yaitu Linda Karmelia (IAIN Salatiga) dan Fadhilah Rahmawati (UMM).

    jumat2

     

    Senam Pagi dimulai pada pukul 07.15 WIB di halaman kantor Pengadilan Agama Magelang, diikuti oleh segenap Hakim, karyawan dan pegawai honorer Pengadilan Agama Magelang serta mahasiswa PPL dari IAIN Salatiga dan PKL dari UMM. Senam yang berlangsung selama kurang lebih 40 menit ini diikuti dengan penuh semangat oleh seluruh peserta.

    jumat3

     

    Kegiatan Jum’at Sehat dilakukan pada hari Jum’at bergantian dengan kegiatan Jum’at Bersih. Selain untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, kegiatan Jum’at Sehat dan Jum’at Bersih juga dimaksudkan untuk menjaga kekeluargaan dan kebersamaan diantara seluruh aparat Pengadilan Agama Magelang serta mahasiswa PPL/PKL di Pengadilan Agama Magelang.

  • Penerimaan Mahasiswa PKL Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM), Ketua PA Magelang Minta Mahasiswa Bangga dengan Almamater

    UMM1

    Bertempat di Ruang Rapat Pengadilan Agama Magelang, Ketua Pengadilan Agama Magelang Akhmad Kholil Irfan, S.Ag., S.H., M.H. didampingi Plt. Panitera, Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Kepala Sub Bagian Perencanaan menerima mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (Muammalat) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) pada Selasa (16/07/2019) pukul 09.00 WIB. Mahasiswa PKL yang berjumlah 8 orang tersebut didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) tiba di Pengadilan Agama Magelang pada pukul 08.30 WIB.

    UMM2

    Dosen Pembimbing Lapangan Eko Kurniasih Pratiwi, M.S.I. berharap dalam waktu yang singkat selama di Pengadilan Agama Magelang, para mahasiswa dapat memperoleh ilmu dan pengalaman sebaik-baiknya guna menghadapi dunia profesional yang sesungguhnya. Dalam sambutan penerimaannya, Ketua Pengadilan Agama Magelang meminta para mahasiswa agar bangga dengan almamaternya. Apapun gelarnya nanti dan siapapun yang kita hadapi, kita harus percaya diri dan melaksanakan tugas dan kewajiban sebaik-baiknya. Beliau menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Magelang berkomitmen untuk melakukan pelayanan masyarakat dengan sebaik-baiknya, dan saat ini telah memperoleh akreditasi, mencanangkan Zona Integritas, SIPP, e-court dan upaya-upaya lain untuk meningkatkan pelayanan. “Saya menyampaikan ini karena Anda semua adalah agent of change yang diharapkan dapat melakukan perubahan di masa depan”, lanjut beliau.

    UMM3

    Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa UMM ini akan dilaksanakan selama 1,5 bulan sejak tanggal 17 Juli s.d. 27 Agustus 2019. Selama PKL, Mahasiswa didampingi oleh 2 orang Pendamping PKL yaitu Imdad, S.H.I., MH dan Himmatul Aliyah, S.Ag., Hakim Pengadilan Agama Magelang.

  • Ketua Pengadilan Agama Magelang Hadiri Pengukuhan Panitia Bulan Dana PMI Kota Magelang

     

    pmi2

    Ketua Pengadilan Agama Magelang, Akhmad Kholil Irfan, S.Ag, S.H., M.H. menghadiri undangan dari Pengurus Kota Palang Merah Indonesia Kota Magelang dalam acara Pengukuhan Panitia Bulan Dana PMI Kota Magelang tahun 2019 pada hari ini, Senin (15/07/2019) berdasarkan surat Nomor 085/Kot. Mgl/BD/VII/2019 tanggal 7 Juli 2019.

    pmi3

     

    pmi1

    Panitia Bulan Dana PMI Kota Magelang Tahun 2019 dikukuhkan oleh Walikota Magelang, Ir. H. Sigit Widyonindito, M.T. pada pukul 09.00 WIB bertempat di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Walikota Magelang, Jl. Cempaka Kota Magelang. Dalam sambutannya, walikota Magelang mengharapkan Panitia bulan Dana PMI Tahun 2019 dapat melaksanakan program kerja dengan sebaik-baiknya dan berhasil mencapai bahkan melampaui target penerimaan pada tahun ini. Acara tersebut juga dihadiri oleh segenap Forkopimda Kota Magelang.

  •  

    Pelantikan Pengurus Daerah Dharmayukti Karini Provinsi Jawa Tengah Masa Bhakti 2018-2021

    dyk1

    Ketua Dharmayukti Karini Pusat Ibu Rossdiyati Hatta Ali melantik Pengurus Daerah Dharmayukti Karini Provinsi Jawa Tengah Masa Bhakti 2018-2021 pada hari Kamis (11/07/2019) bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Jalan Pahlawan No. 19 Semarang. Acara yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Dharmayukti Karini Karini Cabang se-Jawa Tengah, berdasarkan undangan pelantikan pengurus Daerah Dharmayukti Karini Provinsi Jawa Tengah Nomor 9/Sekr.PD.Dyk.Jateng/7/2019 tanggal 3 Juli 2019.

    dyk2

    Mewakili Dharmayukti Karini Cabang Kota Magelang, hadir dalam pelantikan tersebut Ketua Dharmayukti Karini Cabang Kota Magelang Ny. Ratna Indira Djohan Arifin dan Wakil Ketua Dharmayukti Karini Cabang Kota Magelang Ny. Mahsun Azizah Kholil Irfan. Pelantikan pengurus Daerah Dharmayukti Karini Provinsi Jawa Tengah ini dilaksanakan menyusul dilaksanakan Musyawarah Daerah Dharmayukti Karini Provinsi Jawa Tengah pada Maret lalu.

    dyk3

    Ketua Dharmayukti Karini Pusat tiba di Semarang satu hari sebelum acara pelantikan, yaitu pada Rabu (10/7/2019) dan kembali ke Jakarta pada hari Jumát (12/07/2019). Selama berada di Semarang, Ketua Dharmayukti Pusat beserta rombongan melaksanakan kunjungan ke beberapa tempat, diantaranya Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), serta Klenteng Sam Poo Kong.

  • Serah Terima Mahasiswa PPL Program Studi Hukum Keluarga Islam dan Hukum Ekonomi Syari’ah IAIN Salatiga

     

    ppl1

    Bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Magelang, siang ini Rabu (26/06/2019) pukul 13.00 WIB Ketua Pengadilan Agama Magelang, Akhmad Kholil Irfan, S.Ag., S.H., M.H. resmi menerima 8 (delapan) orang mahasiswa Praktikum Pengembangan Profesi / PPL dari Program studi Hukum Ekonomi Syariah IAIN Salatiga. Hadir dalam acara serah terima tersebut Dosen Pembimbing Lapangan dari Fakultas Syari’ah, Lutfiana Zahrani, S.H., M.H. serta para pembimbing mahasiswa PPL dari Pengadilan Agama Magelang yaitu:

    1. H. Abdul Halim Muhammad Sholeh, Lc., M.Ec., M.H.
    2. Himmatul Aliyah, S.Ag.
    3. Imdad, S.H.I., M.H.

    ppl3

    Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa PPL dari Dosen Pembimbing Lapangan serta sambutan penerimaan mahasiswa PPL oleh Ketua Pengadilan Agama Magelang. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Magelang menyampaikan ucapan selamat datang kepada para mahasiswa PPL, serta agar hubungan yang sudah terjalin baik selama 3 tahun antara IAIN Salatiga dan Pengadilan Agama Magelang dapat dipertahankan.

    ppl2

     

    Praktikum Pengembangan Profesi Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah IAIN Salatiga ini dilaksanakan selama 1 (satu) bulan terhitung sejak hari ini hingga tanggal 26 Juli 2019, sesuai surat dari IAIN Salatiga Nomor B-0962/In.21/D2/PM.04.1/05/2019 tanggal 29 Mei 2019 Perihal Permohonan Ijin Praktikum Pengembangan Profesi / PPL/ Magang Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah.

  • selamathariraya

  • surveykorupsi2019